Friday, November 30, 2007

Bubut Velg & Kaki - kaki

Safety or Pretty . .



Umumnya untuk tampil cantik memalui opsi velg gambot dan celong tidak bakal melewatkan proses custom PCD dan offset. Banyak contohnya,entah yang ber-PCD 4/100 diubah jadi PCD Mercy 5/112 atau malah PCD Mercy 5/112 justru disulap jadi PCD 5/114,3. Disitu proses bubut menjadi proses favorit.



Dengan mesin bubut, teromol bisa diganti spek PCD-nya (Pitch Circle Diameter) dengan 2 cara; cara tambah daging dan custom adaptor. Tambah daging dilakukan ketika teromol tidak muat dibikin PCD yang lebih lebar sehingga perlu pelebaran diameter teromol dengan menambah 'daging' besi. Banyak yang mengklaim opsi itu kurang direkomendasi karena soal Safety. Begitu juga custom adaptor, ketebalannya yang terlalu berlebih akan membahayakan kelincahan roda berputar.



Opsi ganti PCD juga enggak kalah jamak dilakukan pada center disk velg. Yaitu dengan menutup lubang baut lama lalu dibor untuk bikin lubang buat PCD ukuran baru. Belum lagi ketika offset perlu disesuaikan, dinding dalam center disk 'dikikis' untuk menambah besar offset yang diinginkan.



Apapun prosesnya, semua proses di atas butuh pertimbangan dan perhitungan matang. Tingkat ketepatan jadi pegangan utama. Jadi,ketika datang kebengkel bubut bukan cuma baawa velg dan teromol tapi pertimbangkan resikonya; Being Safety Or Pretty??

No comments: