Friday, November 30, 2007

DASAR-DASAR MODIF SPEED & PERFORMANCE

Bikin Ubahan buat ngebut tapi juga sekaligus buat Daily Use memang susah-susah gampang.Susahnya mesti jeli,bagian atau komponen mana yang perlu dioprek.Ini mesti konsultasi Intens dengan dokter mesin yang kamu percaya.Tapi jadi gampang karena sebenarnya enggak banyak yang perlu di utak-atik buat dapatkan performa oke yang pas buat nyetir nyantai,plus galak buat tarik-tarikan.
Memang buat langkah awal,ubahan stage 1 pantas kamu jadikan pilihan.Tahapan ini enggak butuh banyak ubahan yang perlu kalkulasi rumit.Hanya butuh kejelian dan pemahaman atas manfaat dari sebuah peranti pilihan.Berikut runtunannya:

  • Baiknya,ganti jenis bensin yang beroktan yang lebih tinggi.Ingat pembakaran atas bensin yang oktannya tinggi bikin performa yang bisa dihasilkan bensin ikut meninggi.Sorry,untuk hal ini enggak perlu andalkan produk macam octane booster. Asal kamu sudah pakai bensin spek unleaded (macam pertamax ataupun pertamax plus) sudah cukup jadi modal awal.

  • Ganti header 4-2-1, kalau desainnya tepat tenaga diklaim naik kisaran 5 dk.Apalagi kalau diikuti ganti system exhaust dengan dua tabung (silencer) jenis free flow.Tapi kalau hanya andalkan ganti header sebenarnya sudah cukupan kok. Sebab kalau ganti system Exhaust dan Silincer mode free flow berkonsekuensi munculnya kebisingan. Enggak begitu nyaman kalau kamu masih mau bawa tuh mubil nuat jalan-jalan.

  • Filter udara diganti jenis open air, posisi tepat di daerah ‘dingin’.Tinggal pakai hose yang biasanya sepaket, arahkan posisi persis di belakang lampu depan.Tempat yang lowong efektif kasih efek ‘Dingin’.

  • Porting dan Polish pada saluran isap (pada Cylinder head dan klep). Ini bukan cara extreme lho,karena yang jadi obyek Cuma hilangkan ‘kulit jeruk’ plus menipiskan sedikit saja permukaan kedua komponen itu.Gunanya untuk memperlancar pasokan bensin dan udara keruang baker serta membuat pembakaran menjadi lebih sempurna.Busi dan Kabel spek racing jangan lupa juga kamu pilih.

  • Tekanan injeksi bensin kalau perlu dinaikan via fuel pressure regulator.Karena sector pembakan yang sudah ‘halus’ tadi butuh pasokan bensin dan udara yang lebih kuat tekanannya.Biar ledakan hasil pembakarannya lebih besar lagi.

  • Kalau mobil kamu masih pakai distributor naikan timing pengapian.Timing pengapian bias disetel oleh mekanik kepercayaan kamu.Lakukan dengan cermat dan tak boleh salah .Kalau enggak,mesin mobil enggak konstan idlenya. Nyusahin waktu dipakai jalan-jalan normal,ada gejala mau mati.Atau kepengin digeber,malah kayak kehabisan bensin alias membrebet.

No comments: